Senin, 06 Oktober 2014

Pengertian Yoga dari Berbagai Sumber


            Yoga (Aksara Dewanagari योग) dari bahasa Sanskerta (योग) berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.
Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun.
Yoga secara harfiah berasal dari suku kata “yuj” yang memiliki arti menyatukan atau menghubungkan diri dengan Tuhan. Kemudian Patanjali memberikan definisi tentang yoga yaitu mengendalikan gerak-gerak pikiran. Ada dua hal yang penting sebagai seorang praktisi yoga adalah melatih secara terus menerus sekaligus tidak terikat dengan hal-hal duniawi. Secara spiritual Yoga merupakan suatu proses di mana identitas jiwa individual dan jiwa Hyang Agung disadari oleh seorang yogi, Yogi adalah orang yang menjalani yoga, orang yang telah mencapai persatuan dengan Hyang Agung. Jiwa manusia dibawa kepada kesadaran akan hubungan yang dekat dengan sumber realitas (Hyang Widhi). Seperti setitik air yang bersatu dengan air di samudra. Yoga adalah ketenangan hati, ketentraman, keahlian dalam bertingkah laku, Segala sesuatu yang terbaik dan tertinggi yang dapat dicapai dalam hidup ini adalah Yoga juga, Yoga mencakup seluruh aplikasi yang inklusif dan universal yang mengantar kepada pengembangan / pembangunan seluruh badan, pikiran dan jiwa. Yoga pada dasarnya adalah sebuah cara atau jalan hidup. Bukan sesuatu yang keluar dari kehidupan, bukan pula menjauhkan diri dari aktifitas, melainkan merupakan performa yang efisien dengan semangat hidup yang benar. Yoga bukan pula melarikan diri dari rumah dan kebiasaan hidup manusia, melainkan merupakan suatu proses pembentukan sikap untuk hidup di rumah (keluarga) maupun hidup bermasyarakat dengan suatu pengertian baru, Yoga bukan memalingkan dari kehidupan, Dia merupakan spiritual dari hidup. Yoga adalah salah satu jalan keselamatan dalam Hinduisme, yaitu cara mencapai Moksa atau kelepasan. Yoga berarti usaha mendisiplin diri untuk merealisasikan kehadiran Tuhan dalam diri, dan juga berarti usaha mengatur kekuatan alam dari roh, dan juga sebagai usaha penyatuan diri. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan. Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktifitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, oleh tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun. Sedangkan pengertian Yoga menurut Ensiklopedi umum adalah sistim ajaran gaib yang diperkembangkan Hinduisme dengan maksud membebaskan orang dari dunia khayalan seperti yang difahami dengan pancaindera.
Kata yoga berasal dari akar kata yang sama dari bahasa Inggris yoke. Istilah yoke mempunyai arti rangkap, pertama mempersatukan ( yoke together ), dan kedua: melakukan disiplin atau berlatih (to bring under the yoke, take my yoke upon you). Kedua arti ini ada dalam bahasa Sansekerta. Oleh karena itu, jika dirumuskan secara umum, yoga adalah suatu metode latihan yang direncanakan untuk mencapai integritas atau keutuhan.Pendapat lain menyebutkan, pengertiannya yoga adalah berasal dari kata yuj, yang berarti hubungan, hubungan antara roh yang pribadi dan roh yang universal yaitu yang tidak  berpribadi. tetapi "si Patanjali mengartikan  Cittawwriti Nirodhah, yaitu pengendalian gerakan pikiran dalam alam pikiran.Secara umum pengertian yoga yaitu pengendalian diri serta disiplin dalam pemikiran (citta) merupakan hasil pertama dalam prakerti, untuk mendapatkan kebahagiaan yang dapat dirasakan oleh diri sendiri, kesadaran dalam kehidupan sehari-hari yang akan menemukan kesadaran sucinya.&alam kamus besar bahasa Indonesia, yoga bermakna system filsa'at hindu yang bertujuan mengheningkan pikiran, berta'akur dan menguasai diri. Sebenarnya ajaran ini merupakan suatu sistem latihan dengan penuh kesungguhan untuk membersihkan, mempertinggi dan memperdalam nilai%nilai kerohanian dalam mendekatkan diri dengan  Tuhan (Brahman), sehingga cara itu segala konsentrasi selalu tertuju kepadaNya. Dijelaskan juga bahwa yoga merupakan sistem ajaran gaib yang diperkembangkan Hinduisme dengan maksud membebaskan orang dari dunia khayalan seperti yang dipahami dengan panca indera. Pembebasan ini sukar dan mungkin memerlukan beberapa kali umur hidup. Yogi (penganut yoga) yang percaya akan pantheisme (kepercayaan bahwa dunia dengan segala isinya adalah Tuhan) mencari persatuan dengan jiwa seluruh alam dunia. Penganut yoga yang atheis (tidak mengakui adanya !uhan) mencari perasingan yang sempurna dari segala jiwa-jiwa lainnya dan pengetahuan diri sendiri yang sempurna. Kemuliaan terakhir yang dicari ialah kemuliaan penerangan sempurna. Para penganut yoga memakai disiplin  jasmani untuk mencapai itu: penyucian, kebersihan, samadi dan latihan.
Yoga merupakan penghubungan atau pengaitan dengan Tuhan yang Maha Tunggal. Gagasan tentang yoga bertolak dari adanya satuan – satuan individu yang sadar dan biasanya terkenal sebagai “diri rendah”, “diri sejati”, dan “jiwa” yang umumnya berhasrat untuk dihubungkan dengan Tuhan yang Maha Esa dan tak terhingga. Perpisahan diri sejati bersifat sementara dan disebabkan oleh ketidak tahuan atau Avidya.
Ada beberapa pengertian tentang yoga yang dimuat dalam buku Yogasutra, antara lain sebagai berikut:
Yoga adalah ilmu yang mengajarkan tentang pengendalian badan dan pikiran untuk mencapai tujuan terakhir yang disebut dengan samadhi.
Yoga adalah pengendalian gelombang – gelombang pikiran dalam alam pikiran untuk dapat berhubungan dengan Tuhan.
Yoda diartikan sebagai proses penyatuan diri dengan Tuhan dengan terus menerus (yogas citta vrtti nirodhah).
Yoga berasal dari dua kata yaitu YO dan GA. Dalam bahasa Sanskerta India kuno, YO diartikan segala sesuatu yang berkaitan dengan manusia secara fisik. Semua aktifitas keseharian manusia masuk dalam alam YO. Mulai dari tingkah laku, pola hidup, pola makan, ilmu kesehatan (dalam hal ini fisiologi),sifat manusia, bentuk tubuh dan sebagainya. Sedangkan GA merupakan segala sesuatu yang berkaitan erat dengan alam metafisik / ghaib / ruh, yaitu alam yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Maka, ilmu yang berkaitan dengan aura, cakra, kewaskitaan dan ilmu warna dalam tubuh halus manusia disebut dengan GA.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Yoga adalah sebuah ajaran yang berkaitan dengan pengendalian diri, melatih kesabaran, dan pemusatan pikiran yang nantinya akan berpengaruh terhadap kesejahteraan lahir dan batin serta membantu kita untuk lebi mengenali jati diri, mendekatkan diri dengan Braman guna mencapai tujuan hidup.

DAFTAR PUSTAKA
Astini, Putri. 2012. Makalah Yoga. Tersedia pada http://putriastini.wordpress.com. Diakses pada tanggal 4 September 2014
Makalah, Referensi. 2013. Pengertian Yoga. Tersedia pada http://www.referensimakalah.com. Diakses pada tanggal 4 September 2014.
Nova, Gthey. 2012. Astangga Yoga. Tersedia pada http://gtheynova.wordpress.com. Diakses pada tanggal 4 September 2014.
Setiadi, Yusuf. 2013. Definisi dan Pengertian Yoga. Tersedia pada http://brobahanmuda.blogspot.com. Diakses pada tanggal 5 September 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar